CMS modules by everest poker.
Print
Category: Ham

GULTOM, Erikson Hasiholan
Kompetensi Mahkamah Pidana Internasional dan Peradilan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Timor Timur.- 
Prakata : DR Todung Mulya Lubis, SH. & DR. Albert Hasibuan, SH.
xxiv + 462 hlm; 24 cm
ISBN 979-3999-19-5, Rp.70.000,-

Crimes against Humanity (atau Kejahatan terhadap Kemanusiaan) merupakan bagian dari Yurisdiksi konstitusional-global dari International Criminal Court (atau Mahkamah Pidana Internasional). Kejahatan ini sekarang menjadi keprihatinan dan urusan masyarakat internasional secara keseluruhan atau umum terlepas di mana dan kapan terjadinya. Di dalam tulisan ini dipaparkan secara mendetail dalam konteks hukum segala sesuatu yang berhubungan dengan kejahatan ini, misalnya riwayat dan silsilah konsep, defenisi dan instrumen-instrumen yang relefan serta banyak lagi aspek lainnya. Demikian pula diterapkan pada ulasan mengenai dasar-dasar kompetensi Mahkamah ini atas proses hukum, terhadap para pelaku kejahatan ini, yang merupakan kewenangan institusionalnya. Kompetensi lembaga ini mengikat bagi seluruh anggota komunitas dunia, termasuk yang bukan pihak sekalipun. Menjadi pihak bukan merupakan (per)syarat(an) mutlak untuk terikat dalam hal ini.

Rangkaian kejahatan terhadap kemanusiaan yang terjadi di Timor Timur pada saat dikuasai Indonesia tentunya juga merupakan wilayah kompetensi Mahkamah yang dimaksud. Buku ini juga menjelaskan secara logis, analitis dan komprehensif mengapa kasus ini mesti dipandang demikian.

Pada dasarnya, perspektif pengutamaan dan mengedepankan nilai-nilai Hak Asasi Manusia dan Kemanusiaan yang hakiki dan universal harus digunakan dalam konteks pelaksanaan Yurisdiksi Pengadilan ini untuk mengadili mereka pelaku kejahatan-kejahatan yang paling serius atas umat manusia, termasuk kejahatan terhadap kemanusiaan.

Copyright © Tatanusa 2010-2012
Jalan Gelagah No. 47, Pisangan - Ciputat - Indonesia